Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Satelit Bukanlah Makhluk Bergerak yang Bernyawa


 وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِّنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ ﴿٨٢﴾

Apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka kami keluarkan makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka (orang-orang kafir) bahwa manusia pendahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (QS. an-Naml [27]: 82)

Pada saat kekufuran merebak, satelit-satelit diterbangkan dari bumi untuk mengungkap misteri di balik alam semesta dan menggali pengetahuan akan hakikat jagat raya yang amat luas ini. Namun, apakah mungkin satelit-satelit itu adalah binatang melata yang telah dinobatkan Al-Qur’an dalam surat an-Naml ayat 82 di atas? Namun menurutku yang disebut sebagai makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan pada orang-orang kafir bahwa manusia pendahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Al-Qur’an adalah keluarnya Ya’jud Ma’jud pada saat Hari Kiamat nanti. 

www.space.com



Pernyataan di atas merupakan salah satu bentuk penyimpangan dalam penafsiran Al-Qur’an. Hal itu tidak lain merupakan upaya untuk mengarahkan Al-Qur’an agar sesuai dengan hawa nafsu manusia itu sendiri. Solusi atas penyimpangan di atas bukanlah dengan mengabaikan semua mukjizat ilmiah, yang telah sangat banyak ditemukan oleh para ilmuwan dan para sufi, dan yang sudah satu suara dengan Al-Qur’an, tetapi dengan cara kembali kepada prinsip-prinsip tafsir yang disepakati para ulama sehingga dengan begitu akan lahir kemaslahatan bagi syariat-syariat Islam dan tersingkir segala bentuk kerusakan.
 
Sumber: www.nasa.gov
Tampaknya upaya untuk menyingkirkan penafsiran yang keliru dalam tradisi tafsir ilmiah, serta kebutuhan akan adanya syarat-syarat dalam penafsiran Al-Qur’an secara umum dan penafsiran ilmiah secara khusus, adalah salah satu manfaat besar dari mukjizat ilmiah di dalam Al-Qur’an.




          Wallahualam…



0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP