Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Bintang Memancar dari Kegelapan Jagad Raya, Penciptaan yang Sangat Hebat



وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِّلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ ﴿٥﴾
“Sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat (dengan bumi) dengan bintang- bintang dan Kami jadinkannya (bintang-bintang itu) sebagai alat pelempar setan.Kami sediakan bagi mereka (setan-setan) adzab neraka yang menyala-nyala.(QS. al-Mulk [67]: 5)

Sumber: www.nasa.gov
Bintang- bintang Pleiades disebut juga gugus tujuh putri dimana gugus ini terdiri dari beribu-ribu bintang. Warna biru di sekeliling bintang-bintang tersebut adalah gas yang berkumpul dan melayang-layang di antariksa.

Bintang-bintang Pleiades atau dalam bahasa Arab disebut Tsurayya, yang artinya kumpulan bintang-bintang ini terdapat di rasi bintang Taurus yang amat indah. Keindahan bintang-bintang ini membuat semua orang di bumi yang melihatnya terkesima. Padahal jaraknya sangat jauh, mencapai 400 tahun cahaya. Bintang Pleiades ini merupakan bintang-bintang “muda” yang sedang ada pada puncak kegemerlapannya. Cahayanya sangat cerah, tak beda halnya dengan matahari.

Hal ini seperti yang ditunjukkan dalam firman Allah, Sungguh, Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandang(nya), dan Kami menjaganya dari setiap (gangguan) setan yang terkutuk. (QS. al-Hijr [15]: 16-17)

Sumber: www.nasa.gov
Inilah nebula kepala kuda (horsehead nebula) yang terletak di rasi Gemini. Pada beberapa bagiannya terdapat kabut hitam pekat yang oleh para ilmuwan dianggap sebagai tempat pembentukan bintang-bintang baru. Ini semua merupakan serangkaian proses penciptaan yang tak pernah berhenti melahirkan penemuan baru yang menakjubkan serta menjadi bukti kuat akan keagungan Allah Sang Maha Pencipta.

Hal ini juga seperti firman Allah, 

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ ۖ وَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ بِالْقِسْطِ ۖ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۖ وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوا وَلَوْ كَانَ ذَا قُرْبَىٰ ۖ وَبِعَهْدِ اللَّهِ أَوْفُوا ۚ ذَ‌ٰلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ ﴿١٥٢﴾ وَأَنَّ هَـٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ۚ ذَ‌ٰلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿١٥٣﴾
Itulah Allah, Rabb kalian, tidak ada tuhan selain Dia, pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia, Dialah pemelihara segala sesuatu. Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu, dan Dialah Yang Maha Halus, Maha Teliti. (QS. al-An’am [6]: 102-103)

Nebula adalah awan gas dan debu-debu di angkasa luar. Beberapa nebula bersinar terang, tapi ada juga yang gelap bahkan hitam pekat. Nebula menyediakan sebuah materi mentah yang dibutuhkan untuk membuat bintang baru. Layaknya sperma dan ovum. 


Subhanallah...



3 comments:

Unknown said...

Nanti simak semula ayat 5 surah mulk ya mas. . Keliru saya

Unknown said...

subhaanallah

Luthfa said...

Ayat bahasa arabnya salah mas bro

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP