Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Haruskah Kita Berdakwah di Bumi Lain?


اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا ﴿١٢﴾
Allah menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kalian mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu. (QS. ath-Thalaq [65]: 12)

Sumber: www.space.com

Abu Dhahi meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas membaca ayat, Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Lalu Ibnu berkata, Ada tujuh bumi dan di setiap bumi terdapat nabi-nabi seperti nabi-nabi kalian. Ada Adam seperti Nabi Adam, ada Nuh seperti Nabi Nuh, ada Ibrahim seperti Nabi Ibrahim, dan ada Isa seperti Nabi Isa. Imam Baihaqi menyatakan bahwa sanad riwayat ini shahih dari Ibnu Abbas.

          وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُم بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ ۩ ﴿١٥﴾
Semua sujud kepada Allah, baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka pada waktu pagi dan petang hari. (QS. ar-Ra’d [13]: 15)

Seribu tahun yang lalu, ulama tafsir telah menjawab beberapa pertanyaan yang dibingungkan para astronom saat ini. Alam semesta yang amat luas ini dipadati oleh mereka yang senantiasa bertasbih, makhluk berakal, makhluk tidak berakal, dan ciptaan-ciptaan lain yang kehebatannya tidak bisa diketahui siapa pun kecuali oleh Allah, betul tidak?



Imam Mawardi pernah menyebutkan, Jika tidak ada seorang pun penduduk bumi yang dapat mencapai bumi lain, berarti dakwah Islam khusus bagi penduduk bumi ini saja. Akan tetapi, jika ada orang dari bumi ini yang mampu mencapai bumi yang lain, maka dia boleh menyerukan dakwah Islam kepada penduduk bumi yang lain itu disebabkan kemampuannya untuk mencapai bumi lain itu, tetapi boleh juga tidak. Karena sekalipun di bumi lain itu ada makhluk berakal, maka seruan dakwah itu hukumnya wajib. Kalaupun memang begitu, tentunya pasti ada nash yang memerintahkan hal itu dan Rasulullah SAW pun juga akan menerima perintah dakwah itu. Iya apabila yang berhasil ke bumi lain itu seorang muslim, apabila tidak, haruskah kita—orang-orang muslim, mengkudeta pencapaian itu agar bisa berdakwah di bumi lain itu?

Dalam tafsir ayat, Allah menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa… (QS. ath-Thalaq [65]: 12), pendapat para ahli tafsir terbagi menjadi dua. Pendapat paling kuat—pendapat jumhur—menyatakan bahwa maksud ayat itu adalah tujuh lapis bumi, dimana sebuah lapisan bertumpuk dengan lapisan yang lain dengan jarak sejauh bumi dan langit, dan di setiap bumi itu ada penduduk yang diciptakan oleh Allah.

Imam Qurthubi juga berpendapat, Berkenaan dengan masalah langit yang mereka (penduduk bumi) lihat dan cahaya yang mereka terima, Imam Mawardi mengatakan bahwa ada dua pendapat dalam masalah ini. Pertama, para penduduk bumi lain melihat langit pada semua sisinya dari bumi mereka dan menerima cahaya dari langit itu. Ini adalah pendapat mereka yang menganggap bahwa bumi adalah datar. Kedua, para penduduk bumi lain tidak dapat melihat langit, tetapi Allah memberi mereka cahaya dari hadirat-Nya. Ini adalah pendapat mereka yang menganggap bahwa bumi ini bulat.

Imam Mawardi menyimpulkan, Karena terdapat tujuh bumi yang bertumpuk-tumpuk, maka dakwah Islam hanya diwajibkan kepada penduduk bumi yang tertinggi dan tidak diwajibkan kepada penduduk bumi yang lain.
 
Sumber: www.wikipedia.org
 
Sengitnya perdebatan antar ulama di atas menunjukkan bahwa manusia belum mengetahui segalanya di dunia milik Allah ini. Maka perbanyak mendekatkan diri kepada-Nya dengan selalu tawadu’ dihadapan-Nya agar mendapatkan ridho dari Sang Maha Pencipta Yang Agung. Wallahualam…




0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP