Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Pendapat Paling Tepat tentang Bumi dan Bulan



أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ۗ إِنَّ ذَ‌ٰلِكَ فِي كِتَابٍ ۚ إِنَّ ذَ‌ٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ ﴿٧٠﴾
Tidaklah engkau tahu bahwa Allah mengetahui apa yang di langit dan di bumi? Sungguh, yang demikian itu sudah terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu sangat mudah bagi Allah. (QS. al-Hajj [22]: 70)


Menyambung postingan sebelumnya, gambar-gambar ini diambil dari Science Journal.


Gambar (1): Sebuah teori klasik menyatakan bahwa sejak awal terbentuknya, bulan adalah sebuah benda gelap, kemudian ditarik oleh bumi untuk mengelilinginya. Namun, sejumlah perjalanan ke bulan telah membuktikan bahwa teori itu keliru. 

Gambar (2): Sebuah perubahan mendasar terjadi pada pendapat para ilmuwan yang menyatakan bahwa bulan merupakan pecahan dari bumi pada saat bumi baru terbentuk.

Gambar (3): Pada mulanya bulan bersinar seperti matahari, tetapi kemudian mendingin dan padam.

Gambar (4): Sebuah teori mutakhir menyatakan bahwa sebuah hantaman pada permukaan bumi telah menyebabkan terbentuknya bulan dengan kondisi yang amat panas dan bersinar seperti matahari. Namun, kemudian sinar bulan padam seiring perjalanan waktu.


         
وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِّتَبْتَغُوا فَضْلًا مِّن رَّبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا ﴿١٢﴾
Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kebesaran Kami). Kemudian Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang benderang, agar kalian (dapat) mencari karunia dari Rabb kalian, dan agar kalian mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. (QS. al-Isra’ [17]: 12)

Itulah pengetahuan yang tunduk pada apa yang dinyatakan oleh Al-Qur’an sejak lebih dari 1400 tahun yang lalu ketika perangkat astronomi belum ada. Dalam kaitan ayat ini, Ikrimah menyebutkan, Allah telah menciptakan sinar matahari dalam 139 bagian, sementara bulan hanya diberi satu bagian saja.

Mengenai ayat ini pula, Ibnu Abu Hatim pernah meriwayatkan dari Muhammad bin Ka’b Ahbar yang berkata, Ada satu matahari pada malam hari, ada satu matahari pada siang hari. Tetapi kemudian, Allah menghapus matahari yang ada pada malam. Itulah penyebab bercak hitam yang terdapat pada bulan.

Itulah Rabb yang Maha Adil lagi Maha Menguasai Segala dan beruntunglah golongan orang-orang yang memercayai itu…



0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP