Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Fenomena Kematian Bintang-Bintang Raksasa


كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ ﴿٢٦﴾ وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ﴿٢٧﴾ فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ ﴿٢٨﴾

Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Tetapi wajah Rabbmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal. Maka nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan?” (QS. ar-Rahman [55]: 26-28)

Sumber: en.wikipedia.org

Sebuah bintang tua oleh para ilmuwan disebut “Raksasa Merah”. Disebabkan bentuknya yang membesar dengan perubahan spektrum warna cahaya dari kuning berkilauan pada saat “muda”, menjadi merah redup pada saat “tua”. Gambar di atas juga menunjukkan titik awal dari sebuah akhir. Pasalnya, bintang ini sedang bersiap-siap meledak yang mengakibatkan dirinya hancur berkeping-keping menjadi gas dan asap untuk kemudian segera meninggalkan jagat raya menuju kematian. Saat-saat kematian itulah yang disebut “Lubang Hitam Besar” (Supermassive Black Hole) yang panjangnya hanya beberapa kilometer. Padahal, sebelumnya ia berukuran jutaan kali lebih besar dari matahari. Maha Suci Allah, Dzat Yang Maha Hidup dan tidak akan mati.




إِنَّ اللَّهَ يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّن بَعْدِهِ ۚ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا ﴿٤١﴾
Sungguh, Allah menahan langit dan bumi agar tidak lenyap. Dan jika keduanya akan lenyap, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.(QS. Fathir [35]: 41)
Sumber: www.islamreligion.com

Foto di atas memperlihatkan proses kehancuran bintang Raksasa Merah yang sudah tua. Inilah yang disebut Supernova yang menjadi pintu kematian bintang-bintang. Peristiwa ini pula yang menghasilkan sebuah ledakan dahsyat yang memicu terpancarnya sinar yang mampu menjangkau seluruh galaksi. Ketika sebuah bintang meledak, terang sinarnya setara dengan 10 miliar matahari. Tetapi peristiwa ini berlangsung selama beberapa minggu atau bulan saja, sampai cahayanya menjadi suram dan hampir hilang dari pandangan.

فَإِذَا النُّجُومُ طُمِسَتْ ﴿٨﴾
          Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan.” (QS. al-Mursalat [77]: 8)

Bintang mati ini seakan-akan tengah menjerit kesakitan menjelang ajalnya. Kendati berwujud besar, tetapi ia harus tetap tunduk kepada hukum fana yang tidak dapat disangkal oleh siapapun dan oleh apapun kecuali Allah, Dzat Yang Maha Kekal.

Allah berfirman, Jangan engkau sembah tuhan lain selain Allah. Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah.Segala keputusan menjadi wewenang-Nya dan hanyalah kepada-Nya kalian dikembalikan.(QS. al-Qashash [28]: 88)

Sumber: nov.wikipedia.org

Inilah sebuah galaksi yang di dalamnya terdapat miliaran bintang yang sedang berputar membentuk piringan raksasa dengan sebuah Lubang Hitam (Black Hole) berada tepat di tengah pusaran. Adapun terlihat cahaya lurus yang bergerak cepat itu merupakan energi yang menghindari sergapan Black Hole—yang mampu menelan seluruh galaksi. Betapa Maha Dahsyatnya Sang Maha Pencipta…




0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP