Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Benturan Antargalaksi Menghasilkan Bintang Baru


قُلْ إِنَّمَا أَعِظُكُم بِوَاحِدَةٍ ۖ أَن تَقُومُوا لِلَّهِ مَثْنَىٰ وَفُرَادَىٰ ثُمَّ تَتَفَكَّرُوا ۚ مَا بِصَاحِبِكُم مِّن جِنَّةٍ ۚ إِنْ هُوَ إِلَّا نَذِيرٌ لَّكُم بَيْنَ يَدَيْ عَذَابٍ شَدِيدٍ ﴿٤٦﴾
Katakanlah, Aku hendak memperingatkan kepada kalian satu hal saja, yaitu agar kalian menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri.Kemudian agar kalian pikirkan (tentang Muhammad), kawan kalian itu tidak gila sedikitpun. Dia tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan bagi kalian sebelum (menghadapi) adzab yang pedih.’” (QS. Saba’ [34]: 46)

Sumber: www.astronomi.us

 Galaksi adalah suatu sistem bintang-bintang gas dan debu yang amat luas, dimana anggotanya saling memengaruhi satu sama lain secara gravitasional. Gambar di atas merupakan galaksi yang terdiri dari miliaran bintang dan berjarak cukup dekat dengan bumi, yaitu sekitar sepuluh juta tahun cahaya. Pada galaksi ini terlihat beberapa kali ledakan dahsyat. Apa sebenarnya yang terjadi dengan galaksi ini? Galaksi-galaksi merupakan salah satu keajaiban penciptaan yang tak pernah terbersit dalam hati manusia.



          وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ ﴿٢٢﴾ فَوَرَبِّ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ إِنَّهُ لَحَقٌّ مِّثْلَ مَا أَنَّكُمْ تَنطِقُونَ ﴿٢٣﴾
Di langit terdapat rezeki kalian dan apa yang dijanjikan kepada kalian. Maka demi Rabb langit dan bumi, sungguh, apa yang dijanjikan itu pasti terjadi seperti apa yang kalian ucapkan. (QS. adz-Dzariyat [51]: 22-23)

Sumber: www.wikipedia.com

Sebuah bakal bintang akan mendapat energi yang amat besar dari galaksi yang berbenturan. Gambar tersebut menunjukkan dua buah galaksi yang akan berbenturan. Benturan keduanya akan menimbulkan energi amat besar yang menghambur ke jagat raya.

Para astronom memperkirakan bahwa alam semesta (hanya yang kasat mata) memiliki lima ratus juta gugus bintang. Jumlah itu masih harus dikalikan dengan lima ratus juta triliun karena pada setiap gugus bintang terdapat sekitar seratus miliar bintang. Bayangkan! Itu semua adalah jumlah bintang, bukan hanya angka! Mungkin jumlah uang kita saja tidak bisa melampaui jumlah itu.

          وَكَذَّبَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَمَا بَلَغُوا مِعْشَارَ مَا آتَيْنَاهُمْ فَكَذَّبُوا رُسُلِي ۖ فَكَيْفَ كَانَ نَكِيرِ ﴿٤٥﴾
…orang-orang (kafir Mekah) itu belum sampai menerima sepersepuluh dari apa yang telah Kami berikan kepada orang-orang terdahulu itu namun mereka mendustakan para rasul-Ku. Maka (lihatlah) bagaimana dahsyatnya akibat kemurkaan-Ku.” (QS. Saba’ [34]: 45)

Menurut mereka, gugus bintang terdekat adalah yang dapat kita lihat pada malam hari seperti kabut putih yang memanjang. Panjang gugus bintang itu seratus ribu tahun cahaya, seperti yang telah aku posting sebelumnya. Dan kita penduduk bumi, berada pada jarak sejauh tiga puluh ribu tahun cahaya dari titik pusat rotasi gugus bintang tersebut. Dan ternyata, gugus bintang yang kita itu hanyalah satu dari tujuh belas gugus bintang lain yang berada dalam sebuah gugus bintang yang lebih besar, yang masih diketahui tentunya. Gugus bintang tersebut memiliki radius sepanjang dua juta tahun cahaya. Sungguh tak terhingga jagat raya milik Allah ini…



                   

0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP