Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Tanda Kebesaran-Mu di “Bumi” Lain



إِنَّهَا تَرْمِي بِشَرَرٍ كَالْقَصْرِ ﴿٣٢﴾ كَأَنَّهُ جِمَالَتٌ صُفْرٌ ﴿٣٣﴾
Sungguh, (neraka) itu menyemburkan bunga api (sebesar dan setinggi) istana, seakan-akan iring-iringan unta yang kuning. (QS. al-Mursalat [77]: 32-33)
         
Sumber: www.blog-guggling.blogspot.com

Gambar yang berhasil diambil dari pesawat ruang angkasa Sky Lab ini, berbentuk kembang api raksasa yang muncul pada permukaan matahari (setinggi istana). Pada saat diambil, gambar kembang api raksasa ini berbentuk seperti unta, lengkap dengan kaki, kepala, dan punuknya.

Itulah salah satu tanda kebesaran Allah di angkasa yang bisa kita lihat dan sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Sebagian musafir berpendapat bahwa matahari adalah bahan dasar dari neraka. Tetapi yang benar adalah yang ditunjukkan oleh surat al-Mursalat ayat 32 di atas, yang menyebutkan bahwa matahari adalah gambaran jahanam pada Hari Kiamat nanti.


          وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ ﴿٧٣﴾
Karena rahmat-Nya, Dia jadikan untuk kalian malam dan siang, agar kalian beristirahat pada malam hari dan agar kalian mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) serta agar kalian bersyukur kepada-Nya. (QS. al-Qashash [28]: 73)
         
Sumber: www.apdri.files.wordpress.com

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari. Ukurannya kecil dengan permukaan gersang, berbatu-batu dan dipenuhi dengan kawah-kawah. Gambar di atas adalah Merkurius pada saat siang hari, yang permukaannya tampak membara dan menyengat. Jika pada siang hari, matahari di planet ini seakan tidak bergerak dan sangat dekat. Oleh karena itu, suhu permukaan planet Merkurius mencapai 700o C (lebih tinggi dari titik leleh timah).

Yang lebih mengejutkan lagi, satu tahun di Merkurius sama dengan 88 hari di bumi. Itu pula yang membuat hari-hari di sana bagaikan di neraka. Matahari di planet itu tidak terbenam selama beberapa hari. Sungguh sebuah nikmat ilahi yang luar biasa, sejumlah observatorium modern mampu mengamati Merkurius yang panas membara ini yang merupakan saudara kandung planet bumi.

          قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْمَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَـٰهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُم بِضِيَاءٍ ۖ أَفَلَا تَسْمَعُونَ ﴿٧١﴾
Katakanlah (Muhammad), Bagaimana pendapat kalian jika Allah menjadikan untuk kalian malam itu terus-menerus sampai Hari Kiamat. Siapakah tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepada kalian? Apakah kalian tidak mendengar?’” (QS. al-Qashash [28]: 71)

Sumber: www.nasa.gov
Malam yang mencekam di planet Merkurius. Suhu yang dingin disebabkan oleh udara yang membeku pada temperatur 100o C di bawah nol. Planet Merkurius merupakan tetangga terdekat bumi setelah planet Venus dan planet Mars. Malam hari di Merkurius ini semakin menampakkan nikmat Allah yang selalu diserukan dalam Al-Qur’an kepada seluruh alam semesta. Bagaimana tidak, bayangkan apabila kita seandainya ditakdirkan untuk hidup di planet Merkurius, dengan 700o C pada siang hari dan 100o C di bawah nol pada malam hari, dengan tanah yang gersang dan bebatuan, tanpa tumbuhan satu pun. Bisakah kita hidup di sana dengan kondisi itu? Tetapi manusia baru akan menghargai nikmat yang diterimanya setelah nikmat itu tiada pada dirinya dan berlaku sombong atas ‘sedikit’ kelebihan yang diberikan oleh Allah.

Seperti dalam firman Allah, Allah-lah yang menjadikan malam untuk kalian agar kalian beristirahat padanya (dan menjadikan) siang terang benderang. Sungguh, Allah benar-benar memiliki karunia yang dilimpahkan kepada manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. (QS. al-Mu’min [40]: 61)

Subhanallah… Alhamdulillah…



1 comments:

Anonymous said...

Arena Betting Asia (Arbetas) adalah Super Master Agen Bola terpercaya di Indonesia yang menyediakan produk antara lain: SBObet, IBCbet, dan UNO Bet, dll. Klik --> http://goo.gl/AK5Mxb

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP