Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Wahai Anak Adam, Kalian Tidak Ada Apa-Apanya!

Kita—manusia, hanyalah sebuah materi yang sangat kecil di tengah tata surya yang juga tidak ada apa-apanya di tengah ratusan galaksi yang terdiri dari seratus miliar lebih bintang dimana matahari merupakan bintang paling kecil di antara miliaran bintang tersebut.

وَجَعَلْنَا السَّمَاءَ سَقْفًا مَّحْفُوظًا ۖ وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ ﴿٣٢﴾

Kami menjadikan langit sebagai atap yang terpelihara, namun mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) itu (matahari, bulan, awan, dan lain-lain) (QS. al-Anbiya’ [21]: 32)

Sumber: www.hindustantimes.com
Ini adalah gambar galaksi kita yang sederhana dan kecil bentuknya karena hanya terdiri dari seratus miliar bintang. Galaksi yang kita tempati ini disebut galaksi Bima Sakti (Milky Way/Kabut Susu) karena warnanya yang putih seperti susu. Galaksi ini memiliki bentuk spiral berlengan. Sementara matahari sama sekali tidak tampak pada gambar ini. Tetapi letaknya kira-kira di sekitar ujung spiral bagian kiri. Di tengah alam semesta, matahari hanyalah sebuah noktah yang sangat kecil dan hampir tak terlihat sama sekali.


Allah berfirman, Apakah penciptaan kalian yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya? Dia telah meninggikan bangunan-Nya lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya (gelap gulita), dan menjadikan siangnya (terang-benderang). Dan setelah itu bumi Dia hamparkan. Darinya Dia pancarkan mata air, dan (ditumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung Dia pancangkan dengan teguh. (QS. an-Nazi’at [79]: 27-32)

Ketika langit malam cerah, dengan mata telanjang kita akan bisa melihat sekitar lima ribu bintang. Tetapi dengan menggunakan teleskop, kita akan bisa melihat lebih dari dua juta bintang. Bahkan, dengan teleskop terhebat di dunia yang terdapat di Mount Palomar, Amerika Serikat, mampu melihat miliaran bintang.

قُلْ أَئِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ بِالَّذِي خَلَقَ الْأَرْضَ فِي يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُونَ لَهُ أَندَادًا ۚ ذَ‌ٰلِكَ رَبُّ الْعَالَمِينَ ﴿٩﴾ وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِن فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَا أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِّلسَّائِلِينَ ﴿١٠﴾ ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلْأَرْضِ ائْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ ﴿١١﴾ فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَىٰ فِي كُلِّ سَمَاءٍ أَمْرَهَا ۚ وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَحِفْظًا ۚ ذَ‌ٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ ﴿١٢﴾
Katakanlah, Pantaskah kalian ingkar kepada Rabbnya yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kalian adakan pula sekutu-sekutu bagi-Nya? Itulah Rabb seluruh alam. Dan Dia ciptakan padanya gunung-gunung yang kukuh di atasnya. Dan kemudian Dia berkahi, dan Dia tentukan makanan-makanan (bagi penghuni)nya dalam empat masa, memadai untuk (memenuhi kebutuhan) mereka yang memerlukannya. Kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman kepadanya (langit) dan kepada bumi, Datanglah kalian menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa.Keduanya menjawab, Kami datang dengan patuh. Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara.Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui. (QS. Fushshilat [41]: 9-12)


Kuatnya cahaya bintang yang dilihat dari bumi diukur dengan skala magnitudo. Bintang yang paling terang memiliki magnitudo -1 atau 0. Kita bisa melihat bintang dengan mata telanjang sampai dengan magnitudo 6.

Sumber: www.astronet.ru
Gambar di atas adalah gambar galaksi raksasa Magellan. Sementara galaksi Bima Sakti (warna putih di sebelah kanan) terlihat amat kecil jika dibandingkan dengan galaksi raksasa ini. Padahal di alam semesta ini masih terdapat miliaran galaksi lain yang juga membuat galaksi Magellan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan mereka. Betapa luasnya alam semesta ini. Berbagai macam benda langit bergerak leluasa dengan kecepatan yang luar biasa. Sebagian diantaranya ada yang bergerak sendirian, ada yang bergerak berpasangan, bahkan ada yang bergerak berkelompok.


Allah berfirman,

قُلِ انظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَن قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ ﴿١٠١﴾
Katakanlah, Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi! Tidaklah bermanfaat tanda-tanda (kebesaran Allah) dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang yang tidak beriman’” (QS. Yunus [10]:101)


Apa semua bukti-bukti ini masih membuat kita ragu dan masih merasa sombong dengan apa yang kita punyai sekarang? Sungguh kita inipara anak Adam, tidak ada apa-apanya. Allahuakbar!


 

0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP