Akbar's Scratch

My photo
One of Indonesian people. A Moslem Doctor. My dreams is my adventures, and my adventures is my life.

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Hikmah Kisah 'Murid dan Pengabdian'

Ibrahim Khawwas adalah seorang sufi yang hebat di kemudian hari. Tujuannya mengisahkan kejadian ini adalah untuk menyadarkan konsep kepatuhan seorang murid terhadap gurunya. Selama ini, kita terbiasa berpikir bahwa orang-orang tertentu pasti tidak mungkin melakukan kesalahan atau cara terbaik untuk menjadi murid yang baik adalah patuh buta terhadap gurunya. Artinya, apapun yang diperintahkan oleh sang Guru harus dilaksanakan tanpa banyak bertanya. Padahal, sebenarnya seorang guru tidak bermaksud untuk ‘disembah’ secara itu. Namun, seorang guru adalah seorang penuntun yang membawa kita untuk mengenal Allah.

Yang dilatih oleh sang Guru kepada Ibrahim Khawwas tadi bukanlah masalah kepatuhan buta. Sang Guru sedang mengajarkan prinsip bahwa di mata Allah, tidak ada yang lebih unggul daripada manusia lain kecuali orang-orang yang bertaqwa. Salah satu bukti ketaqwaan seorang hamba adalah berbuat kepada sesama tanpa mengenal pamrih atau batasan dalam hal apapun. Seperti yang dilakukan sang Guru untuk melindungi Ibrahim dari hujan atau mengumpulkan kayu bakar demi dirinya.
Sang Guru juga menyadarkan Ibrahim, kalau hanya berpikir masalah kepatuhan buta, itu sama saja dengan seorang yang hanya menyanjung seorang yang terlihat bertaqwa dan mencela seorang yang terlihat ‘menghina Tuhan’. Dalam kisah Al-Hallaj, ia secara ekstem mengatakam,”Dalam agama Tuhan aku telah kafir. Tetapi, bagiku kekafiran ini adalah kewajiban. Sekalipun bagi Muslim aku adalah menjijikkan.”

Al-Hallaj sebenarnya tidak benar-benar kafir, ia hanya meyindir orang-orang yang sebenarnya memuji seorang ulama secara berlebihan atau seorang yang mengira bahwa seorang yang terlihat taqwa adalah seorang yang dicintai oleh Allah dan mencoba mencari cara untuk menirunya. Padahal, tanpa mencintai sesama, kemampuan tersebut tidak akan datang. Bahkan, orang-orang yang hanya mencari kemampuan-kemampuan sekunder (mukjizat) selamanya akan terselubung dari Allah.

0 comments:

Post a Comment

Thanks for your comments...

My Other Site

You're Trespasser Number:

CHAT WITH ME?

TRANSLATE

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
free counters
IP